Thursday, 4 September 2014

5 Alasan Kenapa Mematikan Komputer Wajid Di Shutdown

5 Alasan Kenapa Mematikan Komputer Wajid Di Shutdown. Kalau boleh tau, dengan cara apa selama ini kalian mematikan komputer setelah selesai menggunakannya ? Jika jawabannya adalah denggan cara menggunakan fitur shutdown, kalian sudah melakukan tindakan yang benar.

Tapi bagaimana jika langsung menekan tombol power secara lama hingga terjadi 'mati paksa' pada komputer ? Apa yang akan terjadi ? Dan kenapa komputer harus di Shutdown ?

1. Kerusakan Pada Power Supply
Pada saat proses shutdown, processor memberikan perintah kepada bios untuk menghentikan segala pekerjaan komponen peralatan, sehingga arus atau daya yang terpakai diputus secara normal, tapi jika kita mematikan secara paksa (mencabut kabel power atau menekan lama tombol power), arus dan daya diputus secara tidak normal.

2. Processor Bisa Rusak, Bahkan Gosong
Pada saat proses shutdown, fan komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk proses pendinginan processor, kalau kalian mematikan komputer secara langsung, maka pendinginan processor tidak bekerja secara normal maka lama-kelamaan processor bisa rusak.

3. RAM / Memory Bisa Rusak
Pada saat proses shutdown system memory akan dikosongkan, sehingga pada saat komputer dipakai lagi maka memory sudah benar-benar dalam keadaan refresh, kalau kita mematikan komputer secara langsung maka besar kemungkinan memory bisa rusak.

4. Registry Menjadi Berantakan
Pada saat proses shutdown komputer akan meregistrasi ulang komponen komputer yang terpakai (digunakan) dan software serta data yang dipakai atau yang dihapus. Kalau kalian mematikan komputer secara langsung, maka komponen atau software serta data yang digunakan tidak dapat disimpan kedalam registry.

5. Kemungkinan Hard Disk Mengalami Bad Sector Sangatlah Tinggi
Pada saat proses shutdown, komputer akan menyimpan semua proses yang terjadi diatas ke dalam Hard Disk. Bayangkan jika sedang proses bekerja, Hard Disk tiba-tiba dimatikan. Kamu bisa membayangkan sendiri apa yang akan terjadi, yaitu kerusakan pada silinder Hard Disk atau biasa disebut dengan Bad Sector.


Sumber : jalantikus.com
Semoga bermanfaat..
Load disqus comments

0 komentar