Monday, 16 June 2014

33 Situs Untuk Menjual Foto Secara Online

33 Situs Untuk Menjual Foto Secara Online. Pada kesempatan kali ini captain akan membagikan situs untuk kalian para photographer yang ingin menjual hasil bidikan kameranya. Daripada hanya membuat harddisk penuh dan tidak terpakai, lebih baik di jual di situs online, siapa tau banyak yang menyukai hasil bidikan kamera kalian, dan pundi - pundi dollar mengalir deras ke rekening kita. Maka dari itu captain akan membagikan 33 situs untuk menjual foto secara online dari seluruh dunia. Check it out !


Kalian bisa menjadi kontributor di Fotolia untuk menjual karya foto kalian ke seluruh dunia. Sekali foto kalian terjual, maka sejumlah uang akan langsung dimasukkan ke rekening kalian. Dan bagi pembeli, mereka akan mendapatkan foto bebas royalti dari situs ini.

Saya menemukan satu yang unik dari situs ini, yaitu mereka biasa tidak menerima stok foto yang mereka rasa sudah terlalu banyak mereka miliki, terutama untuk foto bertema alam (nature). Untuk itu, kalian harus lebih kreatif lagi agar bisa menjadi kontributor di Getty Images.

Ini salah satu yang terbaik dari yang ada. Di iStockPhoto, kalian tidak hanya bisa menjual foto, tapi juga ilustrasi, audio dan video. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya.


Manfaatkan kreativitas kalian bersama ShutterStock. Karya kalian akan dilihat jutaan orang yang mencari foto untuk berbagai keperluan mereka, dan akan dibayar antara $0,2 - $25 rata-rata per sekali download.


Kalian bisa memperoleh hingga $3 per download. Selain itu mereka juga memiliki program lisensi khusus, dimana kalian bisa memperoleh bayaran mencapai $2.5 - $60 setiap kali foto kalian didownload. Sangat patut untuk diikuti.


Siapa yang tidak tahu eBay. Ini adalah salah satu situs belanja online paling terkenal di dunia. Di sini kalian bisa menjual apa saja, termasuk foto-foto yang kalian miliki. Jadi, mengapa tidak mencobanya dari sekarang ?


Sekali kalian terdaftar sebagai kontributor di situ sini, maka setiap kali foto kalian di download, kalian akan menerima royalti dari Veer yang akan dibayarkan setiap pertengahan bulan, dengan nilai minimum pembayaran sebesar $100. Bukankah itu bisa menjadi sumber passif income ?


Mereka berbagi keuntungan sebesar 60% untuk kalian dari setiap penjualan. Ini salah satu yang terbesar dibandingkan situs lain di industri sejenis. Selain itu, di Alamy kalian bebas menentukan sendiri lisensi hak cipta dan editorial foto-foto kalian.


Situs Crestock menawarkan sistem pembayaran royalti yang sedikit berbeda. Mereka menggunakan bagi hasil tergantung dari seberapa banyak image kalian di download. Seperti misalnya, untuk download sebanyak 1 - 49 kali Anda menerima 20%, 250 - 999 sebesar 25% dan seterusnya. Silakan lihat langsung untuk lebih rinci lagi.
Selain itu juga tersedia sistem pembayaran per download, jika foto kalian didownload oleh pembeli dengan cara berlangganan. Besarnya berkisar antara $0,25 - $ 0,40.

10. 123RF

Sebagai kontributor, kalian akan menerima bagi hasil sebesar 60% dari situs 123RF ini. Selain itu, kalian pun bisa mendapatkan uang dengan mereferensikan pembeli atau pun kontributor lain, yang masing-masing mendapatkan bagi hasil sebesar 15% dan 10%.

11. Imagekind

Imagekind otomatis akan menetapkan harga dasar dari foto karya kalian. Dari situ, lalu kalian bisa menentukan mark-up atau harga jual akhir kepada calon pembeli.

12. ShutterPoint

ShutterPoint menawarkan bagi hasil sebesar 85% untuk lisensi penuh bebas royalti, dan 70% untuk lisensi standar bebas royalti, dengan minimum pay out sebesar $50.

13. Picturestock

Pada saat satu foto terjual, maka 50% untuk fotografer, 25% untuk distributor yang mereferensikan pembeli, dan 25% dibagi antara Picturestock dan agensi penjualan. Jika pembeli bukan berasal dari referal, maka 50% untuk Picturestock dan agen penjualan, sisanya untuk fotografer.

14. Dreamstime

Sistem pembagian di Dreamstime agak sedikit rumit, karena fotografer dikelompokkan ke level berbeda berdasarkan berapa jumlah download yang terjadi. Belum lagi berdasarkan ukuran image serta jenis image-nya itu sendiri. Untuk lebih jelas silakan lihat rinciannya. Namun, secara garis besar, kalian akan memperoleh antara 25% - 60% dari penjualan.

15. PhotoShelter

Mungkin ini lebih ditujukan bagi fotografer profesional yang lebih serius untuk menjual foto secara online. Karena di PhotoShelter, kalian tidak bisa menjualnya foto secara langsung seperti situs lainnya di atas. Tapi disini Anda bisa membuat website untuk menjual foto atau karya kreatif kalian. Mengapa saya masukkan ke daftar ini ? Karena ya... saya anggap cara terbaik menjual foto kalian dengan potensi keuntungan yang tidak terbatas adalah dengan memiliki 'toko' (website) sendiri. Nah, di PhotoShelter inilah, kalian bisa memiliki foto gallery profesional dengan segala dukungan yang membuat semua proses menjadi mudah.

16. PhotoStockPlus

Tentukan harga sendiri berapa kalian ingin menjual karya kalian, atau kalian bisa menyerahkan sepenuhnya kepada PhotoStockPlus untuk menentukan harga jual dan kalian menerima sampai 85% bagi hasil dari penjualan.

17. Pond5

Selain foto, kalian bisa menjadi kontributor dengan mengirimkan video, musik, audio, ilustrator dan 3D. Rata-rata kalian mendapatkan pembagian sebesar 50%.

Ada tiga program yang bisa kalian jalankan sebagai kontributor di FotoLibra, yaitu :
Pertama, dengan mengupload foto biasa. Ini seperti di tempat lainnya, kalian menerima bagi hasil setiap kali foto terjual atau di download.
Kedua, kalian menawarkan koleksi foto 'jadul'. Ya foto-foto lama yang mengandung sejarah, lebih bagus lagi terangkai menjadi sebuah 'cerita sejarah'. Ini lebih tinggi dihargai oleh mereka.
Ketiga, di FotoLibra ada banyak permintaan dari pembeli terhadap foto-foto tertentu, dengan syarat dan kondisi tertentu juga tentunya. Nah, Anda bisa menawarkan karya kalian sesuai dengan yang diminta oleh pembeli. Sekali lagi, kalian dibayar lebih mahal jika terpilih.

Ini adalah bagian dari Envato, yaitu salah satu pasar media terbesar di internet. Jika penghasilan yang kalian kumpulkan masih kurang dari $50, kalian bisa menggunakannya untuk membeli produk di envato. Jadi untuk bisa withdraw saldo Anda minimal harus mencapai $50.

Kalian bisa menentukan sendiri harga jual atau biarkan Cutcaster yang menentukannya untuk kalian, dan kalian menerima sampai 55% dari penjualan.

Kalian pertama kali harus mengupload minimal 3 foto untuk diterima sebagai kontributor di situs ini. Pembayaran melalui Paypal dengan minimum $50 atau $100 melalui cek.

RedBubble menjual karya kalian dalam bentuk produk, seperti t-shirt, casing gadget, cetak kanvas dan banyak lagi. Mereka telah menetapkan harga dasar dari masing-masing produk, jadi kalian harus menentukan sendiri berapa selisih keuntungan yang ingin kalian peroleh, mau 3%, 30%, 300%, terserah kalian!

Saya sangat merekomendasikan situs ini bagi kalian, para profesional kreatif.

Ada beberapa syarat yang cukup ketat agar diterima sebagai kontributor di PhotoSpin, di antaranya foto kalian harus memiliki resulosi antara 3.600 - 5.100 pixel. Di luar itu maka akan ditolak.
Bagi hasilnya sendiri sebesar 40% dan dibayar setiap akhir bulan jika saldo mencapai $50 melalui Paypal atau Skrill (MoneyBooker).

Banyak produk yang bisa kalian jual melalui Etsy, seperti kerajinan tangan, lukisan, dan banyak lagi, termasuk tentu saja foto.
Di sini, Etsy hanya bertindak sebagai perantara antara kalian dengan pembeli dari seluruh penjuru dunia. Artinya, kalian sendiri yang menentukan harga, kalian sendiri yang mengirimkan produk dan sebagainya. Etsy hanya memastikan pembeli mendapatkan produk yang mereka beli, dan kalian menerima bayaran sesuai yang telah disepakati. Untuk itu Etsy meminta komisi sebesar 3,5% saja!

Ini mirip seperti PhotoShelter, hanya saja di ShutterFly kalian seolah memiliki gallery online milik sendiri. Jelas, ini hanya cocok bagi kalian yang serius untuk memasarkan foto kalian kepada dunia secara profesional.

Mudah sekali untuk memulai di FotoTime. kalian tinggal mendaftar sebagai kontributor, mengupload foto, menentukan harga, dan selesai.
Semua hal lain, seperti proses penjualan, pencetakan dan pengiriman semua dilakukan oleh mereka. kalian mendapat komisi bagi hasil dari setiap penjualan yang terjadi.

Kalian langsung bisa menjadi kontributor FeaturePics hanya dengan mengupload 1 gambar sekalipun. Pembayaran dilakukan minimal $50.

Kalian menerima komisi dari setiap download sebesar 35% untuk image ukuran kecil, 55% untuk image ukuran besar, dan 50% untuk gambar berupa ilustrasi. Bila sudah mencapai $60 baru akan dibayarkan.

Di sini kalian bisa memajang karya kalian. Jika ada yang berminat, kalian sendiri yang berhubungan langsung dengan pembeli. Dan bagusnya, kalian tidak perlu membayar komisi apapun kepada ArtBreak.

Satu lagi tempat bagus bagi kalian untuk memasarkan karya fotografi kalian ke seluruh dunia. Jika kalian merasa cukup kreatif dan 'nyeni', bergabunglah bersama Artist Rising, dan dapatkan penghasilan yang terus mengalir dari sana.

Miliki gallery online untuk stok foto kalian dan mulailah menghasilkan uang dari hobi fotografi kalian. Kalian bisa memiliki secara gratis di Photobox ProGalleries.

Untuk bisa menjadi kontributor disini, foto kalian harus memiliki resolusi minimal 3.8 MP (2400 x 1600 pixels), dengan ukuran file tidak lebih dari 50 MB.

Dapatkan komisi mulai dari 50% - 62,5% dengan menjadi kontributor di StockFresh.

Nah, itulah 33 situs yang bisa kalian manfaatkan untuk merubah koleksi foto kalian  menjadi pundi-pundi uang. Dan yang paling penting, mulailah sekarang juga! Jangan biarkan foto-foto kalian terbengkalai, hanya menjadi tumpukan file tak berguna. Jika bisa jadi uang, kenapa tidak, bukan ?


Semoga bermanfaat..
Load disqus comments

0 komentar