Saturday, 17 May 2014

7 Logo Lama Dari Merek Ternama Dunia

7 Logo Lama Dari Merek Ternama Dunia. Logo sebuah bisnis menjadi salah satu penyampai informasi dan penyaimpai misi dari bisnis tersebut. Dari sebuah logo, masyarakat akan mudah mengenali dan mengingat suatu produk yang mereka butuhkan. Logo untuk sebuah bisnispun selain harus menarik dan informatif, tetapi juga harus fleksibel. Fleksibilitas ini ditujukan agar tidak terjadi re-branding berkali – kali terhadap logo yang dibuat. 

Ada beberapa nama besar perusahaan dunia yang pernah memiliki sebuah logo bisnis yang diluar pemikiran kita. Tapi itu memang dulu, setelah banyak melakukan riset dan pembenahan, kini mereka memiliki logo yang benar – benar mendunia. Hebat sekali bukan?

1. Apple
Kini siapa yang tidak tahu dan tidak mengenal produk ternama Apple. Produk yang menjadi icon teknologi mobile tercanggih ini memiliki sebuah logo unik yang cukup simple dan mudah untuk dikenali. Namun siapa sangka dulunya Apple memiliki logo yang tidak sesimple saat ini. Logo pertama Apple diluncurkan pada tahun 1976, dengan detail gambar yang cukup rumit untuk ukuran sebuah logo.
Logo tersebut menggambarkan seorang laki – laki yang ternyaat ia adalah Issac Newton yang sedang duduk dan membaca buku di bawah pohon apel. Logo awalnya bertuliskan “Newton … Sebuah Pikiran Selamanya voyaging Melalui Aneh Seas of Thought … Alone.” Itu premis rumit yang dirancang oleh Ronald Wayne, pendiri Apple. Ia kemudian melepaskan saham 10 persen di perusahaan untuk pembayaran $800 untuk logonya tersebut. Dia meninggalkan perusahaan dua minggu dari masa jabatannya.

2. Microsoft
Selain Apple, Microsoft juga memiliki nama dan sejarah yang cukup panjang dalam perjalanannya menjadi sebuah perusahaan teknologi terbesar di dunia. Microdoft yang saat kita tahu ternyata dulunya pernah memiliki sebuah logo cukup unik. Dengan tampilan dan nuansa era disko Tahun 1970-an, logo Mocrosoft ini dulunya terdiri dari 2 suku kata yang jelas terpisah, yaitu Micro dan Soft. Namun setelah didiskusikan kembali akhirnya logo dari Microsoft menyatukan kedua suku kata tersebut dan dengan tampilan yang lebih dinamis dan elegant.

3. IBM
Jauh sebelum Apple dan Microsoft menjadi primadona dengan tampilan logo mereka, IBM menjadi salah satu perusahaan teknologi yang sangat berpengaruh di dunia internet. Didirikan sebagai International Time Recording Company, pada Tahun 1888, namanya berubah pada Tahun 1924 menjadi International Business Machines. Dan perubahan nama inipun diiringi dengan lahirnya logo baru mereka dengan tampilan yang lebih berani.

4. Canon
Dalam satu dekade setelah diluncurkannya sebuah perusahaan kamera asal Jepang, dua penemu dari Jepang menciptakan kamera Precision Instrumen Optical laboratory. Kamera tersebut disebut dengan nama Kwanon, yang diberi nama oleh Budha Bodhisattva of Mercy. Logo Kwanon dikelilingi oleh api. Para penemu kemudian memilih untuk lebih menyederhanakan logo Canon, ketika sudah mulai memperkenalkannya sebagai sebuah merek dagang.

5. Motorola
Pada Tahun 1930, berbasis di Chicago Galvin Manufacturing Corporation merilis sebuah perangkat mobile yang sangat populer pada masa itu, yaitu Motorola. Nama yang terdiri dari 2 suku kata, yaitu “Motor” dan “ola” akhirnya populer dengan sebuah desain logo yang sederhana dan elegant. Setelah sebelumnya menggunakan tampilan logo yang sangat sederhana dan penggunaan typografi yang kurang menarik.

6. Nokia
Satu lagi perusahaan perangkat mobile yang sangat terkenal, yaitu nokia. Perusahaan yang baru – baru ini selesai melakukan proses akuisisi oleh Microsoft ini, dahulunya memiliki sebuah logo yang sedikit aneh dan rumit. Logo ini digambarkan dengan seekor hewan seperti ikan atau burung yang berada di dalam lingkaran bertuliskan Nokia Osakeythio dan Nokia Aktiebolac. Namun kini Nokia sudah dikenal dengan logo mereka yang simple dan elegant. Dan benar – benar menggambarkan Nokia.

7. Xerox
erox memulai bisnisnya sekitar tahun 1906 sebagai Haloid Company, produsen kertas dan peralatan fotografi. Dua puluh tahun kemudian, Chester Carlson, penemu dari proses yang dikenal sebagai electrophotography, mendekati perusahaan untuk melihat apakah mereka akan berinvestasi dalam teknologi baru.
Pada tahun 1959, mesin fotokopi pertama di dunia dirilis ke pasar, the Haloid Xerox 914. Fotokopi itu begitu sukses bahwa perusahaan turun Haloid dari namanya dan tidak pernah melihat kembali. Seiring perkembangannya pula, logo Xerox kini telah berganti menjadi sebuah logo yang menarik dan juga menggambarkan Xerox.


Semoga bermanfaat..
Load disqus comments

0 komentar