Tuesday, 29 April 2014

Penyebab Produk Fashion Lokal Kian Dicari

Penyebab Produk Fashion Lokal Kian Dicari. Serbuan merek asing di industri fashion tak menyurutkan semangat para entrepreneur dan desainer muda Indonesia, yang berkiprah di ranah mode. Desainer busana tak henti mencipta karya, pengusaha mode juga mendukungnya dengan menyediakan berbagai fasilitas, mulai toko hingga portal belanja online produk mode.

Perancang lulusan sekolah mode Esmod Paris, Imelda Ahyar, atau yang lebih dikenal dengan nama Mel Ahyar, mengatakan tiga tahun belakangan busana rancangan desainer lokal semakin digemari. Ia menyebutkan sejumlah alasan di balik pergeseran selera mode masyarakat urban, terutama kalangan muda. Berikut ini alasan-alasan kenapa lebih memilih produk lokal daripada produk luar negeri yang captain kutip dari katapengusaha.com

Tampil beda dengan gaya personal menjadi tren belakangan. Produk fashion lokal memenuhi kebutuhan ini. “Brandyang baru muncul produknya eksklusif, diproduksi dengan jumlah yang tidak banyak,” kata Mel.

Eksklusivitas produk lokal dalam arti diproduksi terbatas, sekitar 10-20 item per model, inilah yang membuat setiap orang bisa bergaya dengan keunikannya, tanpa merasa khawatir akan ada banyak orang lain yang berpenampilan serupa dengannya.

Mel juga berpendapat, desain produk fashion lokal berasal dari kreativitas tinggi sang perancang muda. Produk fashion lokal memiliki karakter khas, kreatif. Inilah yang disukai penggemar mode dalam negeri terhadap koleksi busana buatan perancang Indonesia. “Tak hanya desain produk yang kreatif, mereka juga mempresentasikan produk dengan cara yang kreatif,” tutur Mel.


Kualitas tetap menjadi perhatian perancang muda Indonesia dalam mencipta produk fashion. Meski begitu, bukan lantas kualitas tinggi menjadi alasan untuk memasang harga tinggi. Rupanya, produk fashion lokal digemari karena keberanian perancang dan pebisnis mode untuk menghasilkan koleksi busana berkualitas dengan harga terjangkau.

“Harganya bersahabat, jadi anak-anak muda yang tadinya belanja produk tetangga jadi melirik produk lokal,” jelas Mel, yang berpengalaman merancang busana kalangan artis.

Menurut Mel, alasan lain yang membuat produk fashion lokal semakin dicintai kalangan muda adalah karena tingginya rasa nasionalisme. “Generasi muda ternyata juga masih memiliki rasa nasionalisme yang cukup tinggi terhadap produk-produk kreatif lokal, bahkan bangga memakai produk lokal yang berkualitas,” tutupnya.


Semoga bermanfaat..
Load disqus comments

0 komentar