Wednesday, 23 April 2014

Fakta - Fakta Tentang Heartbleed

Fakta - Fakta Tentang Heartbleed. Beberapa hari belakangan ini dunia sedang digemparkan dengan adanya Heartbleed. Apa itu Heartbleed ? Ini adalah Bug, dan tentunya masih banyak orang yang bingung dengan kehebatan Bug ini.
Maka kali ini captain akan membahas fakta-fakta tentang Heartbleed yang captain kutip dari jalantikus.com Check it out !

Tidak seperti yang banyak orang sangka, Heartbleed ini bukanlah virus, melainkan sebuah Bug, yaitu dimana terdapat celah keamanan pada OpenSSL. Celah tersebut muncul karena kesalahan penulisan kode dalam protokol enkripsi open-source yang digunakan oleh ribuan situs dan server di dunia. OpenSSL berguna untuk memastikan komunikasi antar-jaringan dapat terlindungi. Dengan adanya Bug ini, tentu celah bagi para hacker untuk menyusup akan terbuka lebar.


Ya, dengan hadirnya Heartbleed ini memang kita dituntut waspada pada setiap akun yang kita miliki, mulai dari jejaring sosial hingga perbankan, tapi bukan berarti kita harus sesegera mungkin mengganti password.
INGAT!, Ganti password bertujuan hanya untuk mengamankan akun kalian. Tapi jika memang situs tersebut memerintahkan kalian untuk merubah password segera, turutilah, bisa jadi ada yang tidak beres dengan akun kalian.
Hadirnya Heartbleed ibarat menjadi tumbal. Semua Akun yang tidak bisa dibuka selalu dikaitkan dengan Bug ini, padahal tidak sepenuhnya benar. Bisa jadi anda ceroboh dalam melakukan sesuatu, sehingga lupa kalau pernah meninggalkan jejak disuatu tempat, sehingga akun kalian kena bajak. Jadi, tidak sepenuhnya Hearbleed berperan dalam aktifitas ini. Jika ragu, Coba tanyakan teman kalian yang memiliki Akun serupa, apakah bisa dibuka atau tidak.


Ini adalah hal yang sangat masuk akal, Tidak hanya website, ternyata juga banyak smartohone yang kena dampaknya. Melalui apa? Tentu melalui aplikasi. Karena Heartbleed bisa mengganggu kerja server dan router web yang diterobos, yang tentunya bisa membuat Hacker berhubungan dengan server tersebut, sehingga kemungkinan pencurian data pengguna bisa diterapkan. Jika kamu pengguna Android, kamu bisa mengecek apakah ada dari salah satu Aplikasi kamu yang terinfeksi Heartbleed atau tidak.
Ya, Facebook adalah salah satu situs yang menggunakan SSL. Tapi, bukan berarti semua data penggunanya dapat tercuri. Pihak Facebook telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah melakukan tindak pencegahan terhadap Bug ini, sehingga data pengguna bisa dikatakan aman. Tapi jika kalian ingin tetap mengganti password, ya silahkan saja, karena itu memang tindakan keamanan yang tepat.


Microsoft memang telah mengakhiri dukungan Windows XP pada 8 April 2014. Tapi bukan semata-mata Heartbleed dapat leluasa menguasai OS tersebut. Perlu kita ketahui, Microsoft mengakhiri dukungan pada Windows XP pada saat bug Heartbleed ini ditemukan. Lagipula, Windows XP bukanlah OS yang menggunakan OpenSSL, Microsoft membuat enkripsi yang mereka kembangkan sendiri, sehingga dampak Heartbleed tidak akan  terasa.

Semoga bermanfaat..
Load disqus comments

0 komentar