Sunday, 9 February 2014

Mencari Android yang Hilang

pcplus.co.id













Mencari android yang hilang | Tips

Di tengah kesibukan yang menggusmartphone android kesayangan tidak ada dimeja kerja. apakah ketinggalan di rumah ? atau ada orang yang diam-diam mengambil smartphone anda ?
nung, anda tiba-tiba tersadar

Jangan panik. menggunakan Android Device Manager, android anda bisa ditemukan. atau setidaknya, data di dalamnya tidak bisa diakses orang.

Android Device Manager adalah fasilitas baru yang disediakan Google untuk mendeteksi keberadaan android anda. Fasilitas ini langsung aktif untuk semua perangkat android anda, jadi meski anda tidak pernah mengaktifkannya, fasilitas ini bisa langsung dipakai. anda dapat mengakses Android Device Manager di alamat https://www.google.com/android/devicemanager dengan sebelumnya melakukan login menggunakan akun Google anda.

Mengunci dan menghapus data
selama ponsel terhubung ke internet dan GPS aktif, Android Device Manager bisa mendeteksi keberadaan ponsel. akuransi memang agak lebar (sekitar 25 meter), jadi Android Device Manager tidak bisa mendeteksi apakah ponsel smartphone anda di kamar atau di ruang tamu. Namun, setidaknya anda mengetahui apakah ponsel anda tertinggal dirumah atau di kantor.

Pada Android Device Manager juga tersedia fasilitas Ring untuk membunyikan ponsel android. Dengan menekan tombol Ring, Smartphone anda akan berbunyi dengan volume penuh selama lima menit sehingga memberi waktu bagi anda untuk mencarinya. jika belum ketemu, bunyikan lagi. Selama ponsel menyala dan baterainya masih penuh, ponsel anda akan terus berbunyi. Bunyi hanya akan berhenti jika anda menyentuh tombol power ponsel tersebut.

fasilitas ini sebenarnya mirip seperti kita melakukan miss call ke ponsel yang sedang kita cari, tetapi lebih efektif karena berbunyi selama lima menit. hanya perlu dicatat kalau perintah membunyikan smartphone ini menggunakan koneksi internet sehingga ponsel android anda memang harus terhubung ke internet supaya bisa menerima perintah ring tersebut.

Jika ponsel tidak juga ditemukan, smartphone android anda sepertinya sudah berpindah tangan. Untuk mencegah resiko lebih besar, jalankan menu Lock. Dengan menekan menu Lock dan memasukkan password Google, Android Device Manager akan mengirimkan perintah mengunci perangkat android tersebut. kunci baru terbuka jika anda memasukkan password di ponsel yang bersangkutan. Jadi, orang yang mengambil ponsel anda tetap tidak bisa menggunakannya.

Anda juga bisa menggunakan fasilitas Erase yang fungsinya menghapus data di dalam ponsel android. Namun perlu dicatat, setelah melakukan Wipe, anda tidak bisa lagi menjalankan perintah Ring maupun lock karena android anda sudah kembali ke kondisi awal (factory reset).

Mungkin anda bertanya, bagaimana jika orang yang mengambil ponsel anda mengganti kartu SIM ? apakah Android Device Manager tetap berfungsi ?

jawabannya iya, selama orang tersebut tidak melakukan hard-reset perangkat android anda. jadi, jika orang tersebut menggunakan kartu lain, menyalakan ponsel, lalu terhubung ke internet, perintah dari Android Device Manager (apakah itu Lock atau Erase) tetap berjalan.

Namun jika orang terseut menggunakan kartu lain, melakukan hard-reset, baru terhubung ke internet, perintah Ring, Lock, dan Wipe tidak bisa berjalan. Dengan kata lain, ponsel anda "resmi" berpindah tangan. Namun setidaknya data di dalamnya sudah terhapus sehingga anda tidak perlu khawatir data penting di dalamnya disalahgunakan orang.

Semoga bermanfaat..

Load disqus comments

0 komentar