Sunday, 9 February 2014

Carl Zeiss, Lensa Legendaris


CARL merupakan salah satu merek lensa yang tidak asing lagi di telinga, terlebih lagi bagi para fotografer. Lensa legendaris yang banyak disandingkan dengan kamera saku, SLR, hingga ponsel, ini diambil dari nama penemunya, Carl Zeiss.

Ilmuwan Jerman ini awalnya membuat lensa untuk kebutuhan  mikroskop. Setelah memproduksi puluhan lensa, ia kemudian mengembangkan karyanya dengan membuat mikroskop. Pada 1886, Carl Zeiss Jena (sekarang Carl Zeiss AG), perusahaan optik miliknya telah memproduksi mikroskop sebanyak 1.000 unit.

Dua tahun berselang, di saat perusahaan tengah mencapai puncaknya, Carl Zeiss meningggal. Selain tetap memproduksi mikroskop, penerusnya melihat peluang lebih besar di ranah fotografi. Pada tahun 1902, perusahaan ini merilis seri pertama Carl Zeiss, Tessar.

Lensa tersebut terus dikembangkan dengan teknologi-teknologi lebih baru sehingga fisik dapat lebih tipis, tetapi tetap menghasilkan gambar yang maksimal. Lensa ini juga disebut-sebut mempunyai andil dalam pendaratan manusia pertama di bulan. Jejak perjalanan di luar angkasa tersebut terekam di kamera Hasselblad berlensa Carl Zeiss.

Tahun 2005 merupakan cikal bakal Carl Zeiss di dunia ponsel. Nokia N90 merupakan ponsel pertama yang membenamkan lensa ini, dengan resolusi 2 megapiksel.

Pertengahan 2013, lensa kelauran Carl Zeiss AG sudah tidak mencamtumkan kata "Carl" pada produknya. Lensa kamera berkualitas ini hanya bertuliskan "Zeiss".




Sumber foto : https://lenses.zeiss.com




Load disqus comments

0 komentar